Skip to main content

SEO Untuk Pemula: 3 Cara SEO Powerful Agar Blog Muncul di Google Paling Atas

Apakah kamu mau mendapatkan peringkat 1 pada google penelusuran? berikut ini akan saya jelaskan cara mudah SEO Untuk Pemula: yaitu 3 Tips SEO Powerful Cara Agar Blog Muncul di Google Paling Atas.

Sudah lama saya tidak menulis artikel berhubungan dengan SEO, dan jangan kaget kalau tulisan saya pada tahun-tahun sebelumnya berbeda dengan sekarang, ini karena SEO selalu berubah-ubah, Mesin telusur tetaplah sebuah mesin yang tidak bisa menandingi kecerdasan manusia, dan algoritma ini akan selalu di update untuk meningkatkan kualitas sebuah mesin telusur.

Tahun sudah berganti, stategi SEO pun harus semakin dipertajam, 10 tahun yang lalu SEO ini mungkin terlihat sangat mudah tapi sekarang sudah semakin SULIT, kamu tau kenapa? karena ruang untuk spamer sudah semakin sempit.

3 Tips SEO Powerful untuk Mendapatkan Peringkat # 1 di Google Penelusuran

seo untuk pemula
Tips kali ini merupakan strategi yang digunakan oleh pakar SEO Neil Patel yang sudah banyak mendapatkan pengharagaan dan pastinya memiliki kredibilitas yang tinggi, untuk yang ingin berkonsultasi kepada pakar SEO ini kalian harus merogoh kocek yang sangat dalam yaitu $5000 perjamnya.

#1 Fokus Terhadap Konten

Google memiliki algoritma Hummingbird dan dengan itu mereka hanya bekerja pada website yang memiliki konten yang terfokus pada niche atau topik tertentu saja.

Sebagai contoh katakanlah kamu memiliki situs web yang hanya membahas masalah "Kesehatan".

Ketika kamu memiliki situs yang membahas masalah kesehatan, dan artikel kamu katakanlah sebagai contoh memiliki judul "Cara membuat tubuh tidak mudah terkena penyakit" .

Lalu isi artikel yang kamu buat adalah menyuruh audient melakukan pola hidup sehat dan kalau sakit segera kedokter, strategi seperti ini sangat umum dan termasuk hal yang tidak disukai para pembaca.

Bagai manakah membuat konten yang berkualitas itu?
  • Kamu harus masuk lebih dalam kepada tofik yang ingin kamu bahas, terperinci dalam menindaki masalah sampai yang terkecil
  • Memiliki description yang ideal
  • Memiliki gambar yang ideal
  • Memiliki vidio
  • Memiliki tata bahasa yang baik dan menarik
  • Memecahkan masalah
Secara garis besarnya artikel yang baik kalau dibaca oleh orang lain dia akan berkata seperti ini
"Wow setelah saya baca artikel ini, Saya tidak punya pertanyaan lagi dan saya tau apa yang harus saya lakukan setelah ini"
Jadi ini bukanlah pekerjaan yang mudah, jika kamu tidak benar-benar paham apa yang sedang kamu buat. Cobalah untuk menulis sesuatu sesuai dengan fasion dan bakat mu.

Baca: OPTIMASI SEO DENGAN CARA MEMBUAT KONTEN YANG BERKUALITAS

#2 Optimasi Title Tag dan Meta Description 

title tag dan meta description
Jangan dianggap remeh masalah title tag dan meta description ini, karena jika kamu salah dalam membuat judul dan deskripsinya maka artikel yang berkualitas tinggi pun tidak akan berguna karena tidak ada yang mau klik blog kamu.

Sekarang lihatlah cara berpikir ini!, Ketika kamu mencari sebuah artikel pada google kira kira kamu akan memilih artikel yang mengandung kata kunci atau tidak? Jawabannya tentu akan memilih artikel yang mengandung kata kunci.

Itu artinya pilihan pertama selalu jatuh pada artikel yang memiliki kata kunci pada title dan decription nya.

Google telah banyak belajar tentang pola pikir manusia, dimana kecendrungan orang akan lebih banyak mengklik titile dan descriptian yang mengandung kata kunci pilihannya, sehingga pastinya yang berada pada halaman pertama pencarian adalah yang mengandung kata kunci tersebut.

Jadi ini termasuk sangat penting untuk memastikan kata kunci yang kita targetkan ada pada judul dan deskripsi, namun apakah cara ini sudah cukup? Tentu belum cukup.

Karena semua artikel memiliki pola itu dan akan ditampilkan pada hasil penelusuran, sehingga diperlukan pola lain yang harus ditambahkan, yaitu:
  • Kata kunci harus mengalir dalam kalimat
  • Mudah dibaca
  • Menimbulkan rasa penasaran yang tinggi
Ke3 poin diatas bisa membuat perbedaan dan bisa membuat daya klik yang tinggi, dan inilah yang diinginkan oleh mesin telusur.

Baca: CARA AGAR WEBSITE TAMPIL DIHALAMAN PERTAMA GOOGLE

#3 Google Search Console

Apakah kamu tau bahwa google memberikan alat untuk mengajarkan kamu bagaimana supaya mendapatkan peringkat pertama pada penelusuran?

Kedengannya agak konyol tapi itu benar dan alat itu disebut Google Search Console.

Jika kamu belum mendaftarkannya maka segeralah, ini tidak memerlukan biaya sepeser pun. Kamu akan kehilangan segala manfaatnya jika tidak mau menggunkan tool ini.
Ketika kamu sudah mendaftarkannya sekarang akan diperlukan beberapa waktu untuk pengisian data sehingga akan tampil banyak data seperti ini:
search analytics
Jadi tool ini bisa menunjukkan data berapa banyak tayangan yang muncul (impressions), brapa banyak mendapatkan klik (total klik), dan rata-rata klik berdasarkan jumlah tayangan (Avg CTR). Data ini sangat berguna untuk melihat perkembangan kinerja dalam membangun blog.

Semakin tinggi nilai dari masing2 kategori itu semakin baik juga kinerja situs kamu.

Tidak hanya itu saja, masih banyak kegunaan dari tool ini, dan yang paling menarik adalah alat ini memberikan data query dari penelusuran berupa kata kunci yang di cari pada mesin telusur google yang berhasil menampilkan blog kamu.
queries
Kata kunci ini sangat berguna untuk meningkatkan pengunjung dan bisa menaikkan peringkat kamu sedikit demi sedikit, untuk lebih mendalam bisa baca pada pembahasan ini CARA SEO MENGGUNAKAN SEARCH QUERY WEBMASTER TOOL.

Para master SEO dalam memanfaatkan kata kunci queries ini tidak lah tanggung-tanggung, yang walnya artikel hanya berjumlah 2000 kata , setelah di optimasi bisa berubah hingga 10.000 kata dan jumlah trafik meningkat lebih dari 3x lipat.

Ketika kamu membuat perubahan itu dampak dan hasilnya tidak akan langsung kamu rasakan, kebanyakan akan terlihat ketika sudah beranjak lebih dari 50 hari. Itu bukan waktu yang lama ya :)

Baiklah ketiga poin sudah saya jelaskan, Gunakan ketiga hal tersebut untuk mendapatkan peringkat nomor satu di google penelusuran, bukan hanya untuk masa depan tapi juga untuk sekarang.


Comments