Skip to main content

Motivasi Pengusaha Pemula

Berikut ini langkah untuk membangun motivasi diri sebagai pengusaha pemula, untuk meningkatkan kinerja, membangun arah dan tujuan, membangkitkan semangat dari dalam diri untuk bekerja lebih cerdas.

Sebagai pengusaha pentingkah untuk membangun motivasi ini?

Tentu saja, tanpa motivasi yang kuat, maka kinerja kita sebagai pengusaha akan semakin menurun. Apalagi yang namanya pengusaha pemula, butuh banyak dorongan untuk mencapai sukses. Rasa lelah dan pengorbanan terkadang bisa membuat lemah dan akan timbul rasa malas, apalagi jika diawal kita mengalami rintangan berupa kegagalan.

Baca: CARA MENJADI WIRAUSAHA YANG SUKSES

Tips kali ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sebagai pengusaha, walau tidak sepenuhnya saya adalah pengusaha, karena disisi lain saya juga bekerja sebagai karyawan. Namun disamping itu rasa untuk menjadi seorang pengusaha tetap menjadi hal yang utama yang harus tetap dijaga dan dibangun.

Membangun sebuah usaha bukan lah hal yang mudah, apalagi usaha itu hanya dibangun dari satu orang saja yaitu diri sendiri. Perlu keahlian, perlu pemikiran yang baik, perlu manajemen resiko yang baik, perlu ketekunan.

Peluang yang ada harus segera dimanfaatkan, tidak peduli apakah itu mudah ataupun sulit, yang pasti kesuksesan untuk pemula bukanlah perkara yang mudah. Lika liku bisnis selalu turun naik, kadang untung banyak, kadang juga tidak dapat untung. Jadi saya selalu mengantisipasi untuk melakukan bisnis dengan back up yang lain sebagai penghasilan utama.

Baca: 10 FAKTOR KEGAGALAN WIRAUSAHA

Apa saja motivasi yang saya bangun untuk selalu terus bersemangat membangun usaha sendiri?  


Motivasi Pengusaha Pemula

Saya lebih senang membangun usaha berdasarkan hobi, ketika usaha itu dijalankan berdasarkan minat kita maka, mau rugi atau untung tetap tidak akan banyak mempengaruhi kinerja.
Jadikan usaha anda sebagai hobi untuk mencapai sukses
Jadikan usaha anda sebagai hobi yang menyenangkan sehingga bisa memberikan motivasi lebih, tidak mudah bosan, selalu bisa berinovasi disegala waktu.

Baca: KAYA RAYA DENGAN ALAM BAWAH SADAR

Selanjutnya ketika usaha yang kita bangun sudah menjadi hobi yang menyenangkan, buat cek list akan impian-impian anda dalam sebuah kertas. Lalu tempel didinding kamar anda.

Misalnya anda mempunyai impian punya mobil mewah, dengan merek lamborgini dengan harga sekian-sekian. Dengan selalu mengingat impian anda itu maka anda akan mendapatkan semangat yang berkobar-kobar dan tidak akan pernah lelah untuk menggapai impian anda dengan usaha yang sedang anda lakukan.
Menulis Impian anda dan wujudkan impian itu lewat bisnis
Dengan cara diatas saya yakin akan membuat anda bekerja tanpa rasa lelah kadang bisa lupa makan & lupa mandi, ini nyata karena hanya dengan hobi saja anda bisa melakukan hal itu apalagi ditambah dengan impian yang besar maka bukan tidak mungkin usaha anda bisa sukses.

Baca: KUNCI SUKSES DALAM HIDUP

Pengusaha pemula kebanyakan selalu terfokus pada hasil yang kadang hasil bisa tidak sesuai dengan yang diharapkan, oleh karena itu sebaiknya untuk pemula harus tau bahwa motivasi ini sangat penting untuk menjadi tameng dari rasa putus asa dan rasa malas.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kejenuhan pasti ada, namun jika kejenuhan tidak segera kita siasati dengan membangun motivasi diri maka bisa berakibat akan turunnya performa kita dalam menjalani usaha.

Baik lah sekian dari saya semoga tips kali ini bisa memberikan motivasi lebih dan inspirasi bagi anda khususnya untuk para pengusaha pemula.


Comments