Skip to main content

Contoh Blog Sederhana

Kali ini saya akan membahas Contoh Blog Sederhana yang bisa sobat jadikan acuan untuk ngeblog maupun untuk sekedar pengetahuan tentang dunia bloging. Blog merupakan sebuah singkatan dari web log.

Setelah kita tau istilah dari blog itu sendiri, maka bisa kita tarik garis lurus bahwa blog merupakan bagian dari aplikasi web itu sendiri.

Apa itu blog?

Blog merupakan bentuk aplikasi dari web yang berbentuk blog postingan yang memiliki unsur berupa tulisan dan gambar, Biasanya konten isi blog biasa disebut dengan artikel.

Setelah kita tau apa itu blog kita bisa membayangkan bahwa blog memang sangat simple, tidak selengkap website yang penuh dengan aplikasi yang membingungkan.

Blog hanya terfokus pada konten artikel postingan yang selalu diupdate sesuai dengan kebutuhan.

Contoh Design Blog

Design blog sangat lah banyak, seiring berkembang pesatnya internet, blog pun sudah dijadikan lahan comersial yang bisa menandatangkan uang. Sehingga tidak sedikit design template blog yang kita temui.
Biasanya template blog ini memiliki label yang bermacam-macam, contohnya SEO friendly, responsive, mobile friendly, high ctr, AMP, dan banyak lagi. Dengan segala macan fitur yang mendukung kerja blog, biasanya dipangil dengan istilah widget.

Bagaimana Contoh kerangka Blog yang Sederhana

kerangka blog sederhana

Blog pada dasarnya adalah seperti wadah untuk menampilkan postingan terbaru, seperti contoh kerangka template blog pada gambar diatas.

Header berfungsi menampikan judul blog, Main berfungsi menampilkan blog postingan, Sidebar berfungsi sebagai navigasi , dan yang paling bawah Footer biasanya hanya untuk menampilkan copyright.

Dengan konsep yang sesederhana itu, situs kamu sudah bisa dikatakan sebagai situs blog yang standar, dan yang paling sederhana. Seperti Contoh Blog Sederhana dibawah ini:

Contoh Blog Sederhana

Baca: RESPONSIVE BLOGGER TEMPLATE

Kesederhanaan blog biasanya terlihat dari template blog nya yang tidak terlalu banyak menggunkan widget dan navigasi yang tidak terlalu penting.

Gunakan navigasi yang pas dan bisa mewakili semua, sehingga terbentuk situs blog yang sederhana namun tetapdengan navigasi yang baik.

Jadi bagi sobat yang mau ngeblog sebenarnya tidak lah susah, kamu hanya perlu daftar di blogger dengan menggunkan gmail, selanjutnya gunakan template standar blogger. Dan yang terakhir kamu tinggal menulis artikel yang kamu sukai, Selamat mencoba.


Comments

  1. Om,,, iklan vinyet di blog SEO V6 ini sekarang udah bisa muncul iklannya pas saya klik. Gimana caranya tuh om? Padahal beberapa waktu yg lalu blog ini belum bisa keluar iklan vinyetnya.

    Blog saya belum muncul2 juga iklan vinyetnya nih om. Ketika melakukan pratinjau dan di klik sorotan tautannya, iklannya belum mau muncul/belum bisa kebuka. 😑

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti muncul gan, sebenarnya iklan vinyet di blog seo v6 juga sudah muncul diwaktu awal saya aktifkan iklan vinyet ini tapi kemunculannya jarang2.. saya awal berspekulasi mungkin penyebabnya koneksi internet yang gak stabil, tapi belakangan ini spekulasi saya ternyata gak terlalu benar,, karena diblog orang lain pun tidak muncul.. jadi saya berpendapat iklan vinyet ini seperti iklan vidio yang ada di youtube, yang muncul menggunakan intensitas telusur, misalnya setiap kali kita telusuri 10 konten youtube di canel manapun maka akan tampil iklan vidio, jadi iklan vidio ini akan muncul bukan berdasarkan canel, tapi berdasarkan intensitas..

      Semakin baik intensitas blog kita , semakin memungkinkan untuk muncul iklan vinyet, dengan syarat, browser nya mendukung, harus dalam mode potret, zoom browser harus menggunkan skala netral :
      <meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1"/>
      Tautan bukan tag anchor (<a>) yang mengarahkan ke tujuan yang ditentukan menjadi intra-situs, misal., Anda memiliki tautan di example .com yang mengarah ke notexample .com.
      Catatan: situs yang mengandalkan pemroses klik yang menggunakan window.location.href untuk menjelajah tidak akan memicu iklan vinyet.

      Delete
    2. Oooh ternyata tergantung tingginya intensitas telusur ya, dalam arti kata semakin baik lalu lintas organik blog kita maka akan semakin sering iklan vinyet tersebut akan muncul.

      Tapi saya belum paham yg dimaksudkan google dengan 'tautan bukan tag anchor < a > yang mengarahkan ke tujuan yang ditentukan menjadi intra-situs, misal., Anda memiliki tautan di example .com yang mengarah ke notexample .com.
      Catatan: situs yang mengandalkan pemroses klik yang menggunakan window.location.href untuk menjelajah tidak akan memicu iklan vinyet.

      Itu maksudnya gimana om?

      Yg saya kuatirkan, karena saya memasang script navigasi yg membuat iklan vinyet jadi tidak bisa muncul. Seperti navigasi yg saya buat pada bagian laman atas (header blog saya), yaitu model navigasi yg masing2 dibuat terpisah menurut labelnya. Apakah itu ada pengaruhnya dengan tidak tampilnya iklan vinyet?

      Kalau dugaan saya salah, tolong maklumin kalau dugaan saya gak nyambung om,,, maklum saya masih gaptek soal coding hehehe :)

      Maksud saya begini : menurut om, apakah blog saya ada indikasi yg menyebabkan iklan vinyet tidak bisa tampil seperti yg disebutkan oleh google diatas? Kira2 begitulah bahasa mudahnya.

      Saya mengucapkan terima kasih atas jawaban dan respon om yg begitu komplit hehe :)

      Delete
    3. tag anchor diawali dengan code a dan diakhiri /a , iklan vinyet tidak akan muncul pada tag achor yang mengarah ke alamat domain yang lain,.

      window.location.href ini fungsinya untuk pengalihan domain ataupun laman, biasanya tersemat di javascript. biasanya juga digunakan untuk navigasi page number,.

      Pada intinya iklan vinyet hanya akan tampil kalau kita klik tag anchor yang mengarah ke halaman yang lain yang masih dalam satu domain tanpa ada campur tangan javasript window.location.href. dan ini juga harus tergantung intensitas dan kinerja dalam suatu blog. perhitungan intensitas keluarnya iklan vinyet dalam penelusuran blog saya kurang tau brapa. yang pasti akan muncul dalam intensitas yang berbeda2.

      Yang menggunkan template bawaan blogger pastinya akan aman2 saja om, karena tag achor blog postingan pada home page tidak menggunkan js location.href..

      Dan yang menggunkan window.location.href dibeberapa tempat juga tidak jadi masalah om , selama masih ada tag achor yang sesuai dengan kaedah pada halaman blog, nanti juga akan tampil iklannya kalau di klik, tapi kapannya kadang tidak bisa diprediksi,

      Delete
    4. Wah,,, kalau begitu berarti sudah jelas duduk permasalahannya :)

      Kesimpulannya saya tinggal menunggu waktu munculnya iklan vinyet tersebut.

      Makasih banyak atas diskusi dan waktunya om, semoga om randi makin sukses :)

      Delete
  2. gan cara buat sidebar baru di contempo gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada template contempa bagian main nya menggunkan full width, jadi untuk menambahkan sidebar pada template harus dirombak html dan cssnya, agak susah ini kalau dijelaskan , karena seperti bikin template baru

      Delete

Post a Comment