Skip to main content

Cara Mendesain Blog Bagi Pemula

Ada banyak cara mendesain blog bagi pemula, baik yang berbentuk sederhana ataupun yang agak rumit. Namun saya pribadi lebih menyarankan anda untuk selalu meninjau ulang bagaimana cara kerja blog anda terhadap pengunjung.

Jadi yang akan saya tekankan pada artikel ini adalah bagaimana cara mendesain blog agar user friendly, atau biasa diakatakan dengan istilah UX( user experience ).

Bahasa mudahnya bagaimana cara kita membuat blog menjadi berkualitas dimata user namun dengan kesederhanaan dan tidak berlebihan.

Pada dasarnya sebuah blog adalah hanya sebuah aplikasi web untuk menampilkan web log atau biasa yang disebut postingan terbaru.

Untuk lebih spesifiknya kita bisa menuju ke blogger, ini adalah aplikasi blog dari google untuk mempermudah kita membuat blog dan mendesain blog secara gratis.

Cara Mendesain Blog Bagi Pemula

Berikut ini beberapa kiat yang bisa dijadikan pegangan untuk sobat memilih template blog, secara garis besar tipe blog bisa dibagi menjadi 2 kategori umum.
  • Untuk blog yang hanya menggunakan niche tertentu atau tema tertentu saja, maka cukup menggunkan template yang simple dan sederhana dengan bentuk standar blog kebanyakan. Misalnya didalam template terdapat header, blog post, sidebar dan footer. Pada header dicukupkan dengan judul blog, untuk blog post cukup menampilkan postingan terbaru,  untuk sidebar cukup menampilkan widget search, subscribe, label, populer post. Selanjutnya footer berisi copyright.
  • Untuk blog yang mempunyai banyak niche dengan banyak kategori lebih bagus mencari template blog yang bisa menampilkan blog postingan terbaru  berdasarkan label atau kategory. Biasanya akan kita dapatkan pada template blog dengan label MAG (magezine).
Setelah memilih salah satu dari kategory diatas kita akan masuk pada desain blog yang bagus untuk memperindah tampilan blog. Berikut ini beberapa saran:
  • Gunakan warna putih untuk blog postingan
  • Ukuran font yang enak untuk dibaca biasanya kisaran 16px
  • line height kisaran antara 1.6 - 2 
  • untuk judul postingan gunkan font yang agak besar kisaran 24 px atau 26 px dengan font-weight: 600 - 700
  • Judul blog bagian header bisa menggunkan desaian berbentuk png atau ikut font standar ini tergentung selera, bagi yang bisa corel lebih bagus kalau pake png
Selanjutnya bagi sobat yang belum paham CSS untuk merubah tampilan blog bisa Baca : CARA MENGUBAH TAMPILAN BLOG

Dan yang kurang paham HTML bisa lihat disini: CARA MENGHILANGKAN BAGIAN TERTENTU PADA BLOG.

Begitulah Cara Mendesain Blog Bagi Pemula, bila ada pertanyaan lebih lanjut, bisa langsung komen saja,selamat mencoba.


Comments

  1. Mas randi, mau nanya. Gimana caranya merubah warna link yang ada postingan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk warna link pada postingan biasanya menggunakn CSS
      a:link { color: #00a859; }

      Bisa disesuaikan colornya dengan warna yang diinginkan

      Delete

Post a Comment