Skip to main content

Cara Menjadi Wirausaha yang Sukses

Menjadi Seorang wirausaha yang sukses merupakan impian dan dambaan setiap orang, Kesuksesan bisa anda capai dengan cara mudah atau pun sulit tergantung pada kemauan dan kreatifitas yang ada pada diri anda.

Bisa anda lihat banyak kisah wirausaha sukses yang menginspirasi kita dan dibalik cerita itu sebenarnya terdapat banyak ilmu yang harus kita petik dan ambil sebagai pelajaran yang berharga dari para pengusaha ini.

Apa saja poin-poin yang harus diperhatikan kalau mau sukses dalam berwirausaha?

Cara Menjadi Wirausaha yang Sukses

1. Kemauan yang Kuat dari Dalam Diri 

Salah satu musuh terbesar kita untuk meraih kesuksesan adalah diri kita sendiri, kita selalu takut melangkah dan berubah dari zona nyaman yang sudah mengikat atau kita selalu mengikuti ego dan rasa malas yang selalu memperdaya.

Oleh karena itu kemauan atau tekad yang kuat bisa mendorong semangat lebih dan bisa membuat terfokus akan sebuah target atau impian yang mau kita raih.

Bukan hanya sekedar kemauan yang sepele seperti apakah anda mau jadi kaya?

Jawaban kita pasti MAU!

Bukan seperti ini yang dinamakan kemauan yang kuat, tapi kemauan yang di realisasikan dalam kehidupan nyata. Sebagaimana kita mau menjadi pintar maka kita pun harus belajar yang banyak biar bisa pintar.

Begitu juga yang dinamakan sukses, kalau anda mau sukses maka realisasinya adalah Bergerak, Berkreatifitas, Berani melangkah, Berani Menggebrak, Berani BERINOVASI dan Berani menciptakan peluang baru.

Inilah yang dinamakan kemauan atau tekad yang kuat, sehingga menimbulkan daya dan tenaga dari dalam diri untuk maju melangkah kedepan dengan fisi misi yang sudah direncanakan.

2. Fokus Terhadap Usaha yang Digeluti

Melihat perjalanan hidup para pengusaha sukses akan banyak kita dapatkan kemiripan, salah satunya adalah Fokus mereka yang mengalahkan apa pun, sehingga tidak sedikit dari mereka yang tidak selesai menempuh pendidikan hanya demi mengejar usaha dan kesuksesannya itu.

Bukan bermaksud kalau anda berhenti kuliah anda akan jadi sukses dalam berwirausaha, ini salah!

Pendidikan itu sangat penting, karena tanpa pendidikan kita juga akan kesulitan menghadapi globalisasi yang memang menuntut kita untuk selalu berfikir cerdas dalam mengambil keputusan.

Kita sudah sama-sama tau bahwa hasil yang didapatkan dari pekerjaan yang dilakukan setengah-setengah dengan hasil pekerjaan yang dilakukan secara terfokus akan jauh berbeda hasilnya.

Jadi sangat penting untuk diketahui bahwa fokus dalam mengejar kesuksesan adalah fokus terhadap kualitas dari apa yang mau anda usahakan.

Ketika anda dihadapkan dengan dua persoalan misalnya mana yang harus anda pilih wirausaha atau melanjutkan kuliah?

Maka yang harus anda pertimbangkan adalah kemampuan diri anda sendiri. tanyakan pada diri anda sendiri apakah anda mampu sukses dengan jalan ini?

Apakah anda sanggup menanggung kerugian akan pilihan itu?

Apakah dengan berhenti kuliah anda akan lebih berkembang dan lebih banyak berkreatifitas?

Maka ini juga dituntut pertimbangan yang cerdas, bukan dengan emosi semata tapi dengan kepala yang dingin dan penuh perhitungan.

3. Berorientasi Pada Masa Depan

Kebanyakan orang yang super sukses adalah orang yang pemikirannya sudah jauh kedepan melampaui orang biasa.

Mereka punya sebuah keyakinan dan trand baru yang bisa merubah tatanan masyarakat dan bisa mempermudah kehidupan.

Inovasi ini akan menjadi super sukses jika kebutuhan di kalangan maysarakat memang sangat besar. Oleh karena itu pemikiran dan kreatifitas anda sangat diperlukan untuk membuat peluang ini. Dan sedikit keyakinan sangat diperlukan karena akan banyak hambatan yang akan dihadapi.

Inovasi tidak serta merta akan langsung disambut dengan baik, jadi tetap bersabar dan tetap yakin bahwa inovasi itu sangat berguna bagi orang banyak.

4. Pekerja Keras yang Cerdas

Inovasi selalu terkendala pada sumber daya, kenapa seperti itu? Karena hal baru tentunya diperlukan teknik baru, alat baru, dan yang serba baru.

Untuk menuju kedalam itu kita juga harus melampaui batas diri kita sendiri, Contohnya apakah bola lampu tercipta begitu saja?

Tentu tidak! Untuk mencapai sebuah inovasi kita harus mewujudkannya dengan kerja keras dan kecerdasan.

Mau tidak mau otak ini harus diperas untuk mewujudkan inovasi ini, inilah yang dinamakan kerja keras namun dengan kecerdasan,

Dan kalau kita pikir-pikir dari dulu sampe sekarang banyak kecerdasan manusia ini yang telah dihasilkan dan hampir tidak masuk akal semua. Kok bisa komputer diciptakan? Kok bisa kamera diciptakan? Kita hanya sibuk memakainya saja tanpa tau ide kenapa alat ini diciptakan.

5. Komunitas

Komunitas ini adalah bertujuan untuk berbagi dan belajar, jadi jika kita mau berwirausaha dalam kategori otomotif maka carilah komunitas otomotif.

Dengan teknik ini kita bisa belajar sambil mempromosikan usaha kita.

Pelajari sedikit demi sedikit tentang marketing dari komunitas itu, Bukan berarti meniru strategi, tapi bikin strategi terbaik dari strategi yang sudah ada.

6. Survei Pasar

Penguasaan terhadap pasar merupakan terget utama yang harus menjadi perhatian, untuk masuk ke ranah ini anda harus lebih sensitif dan selalu survey terhadap keingginan pasar.

Ada beberapa pilihan yang bisa anda ambil, apakah anda mau menjadi pelopor pertama pembentuk inovasi, atau mau jadi pemain kedua?

Ketika anda adalah pelopor pertama akan inovasi itu maka tentunya anda sudah berada pada pasar yang tidak punya pesaing apapun tinggal mempertajam strategi promosi saja, tapi kalau anda adalah yang kedua maka perlu promosi khusus dan strategi khusus untuk bisa mengungguli pesaing.

Cari sesuatu yang belum ada pada pesaing yang dibutuhkan konsumen untuk kita jadikan strategi marketing pembeda antara layanan pesaian dengan layanan milik anda.

7. Manajemen keuangan

Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan penganggaran, perencanaan, pengelolaan, pemeriksaan, pencarian, pengendalian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

Dimana pada intinya modal harus tetap berputar dengan manajemen resiko yang sudah ditetapkan.

Terkadang hal ini bisanya ditangani oleh ahli manajemen, namun jika anda mau menagani ini sendiri maka belajarlah manajemen terlebih dahulu, perhitungannya , pembukuannya dll sehingga keungan anda bisa tertata dengan baik.

8. Membantu Sesama

Apa hubungannya kesuksesan dengan membantu sesama?

Banyak orang yang mau sukses tapi tidak paham akan hal yang satu ini, mereka sibuk menjual produknya, mereka terlalu terfokus pada hal yang sebenarnya tidak lah lebih penting dari bagaimana cara kita bisa membatu orang lain.

Lihat perusahaan raksasa google, mereka hanya membuat alat telusur yang bisa mempermudah orang lain dalam menemukan sesuatu tanpa menarik imbalan apa-apa,

Lihat perusahaan raksasa facebook mereka membuat jejaring sosial hanya untuk mempermudah interaksi sosial antara sesama.

Tapi hasil yang mereka dapatkan jauh dari apa yang mereka bayangkan dulunya.

Membatu atau mempermudah orang lain jauh lebih bernilai dari hanya sekedar menjual produk anda.

Dengan memberi kemudahan terhadap orang lain kita akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus yaitu kesuksesan materi dan kesuksesan insani.

9. Berdoa 

Dan yang terakhir adalah berdoa, sebagai manusia yang beriman tentunya diri kita ini tidak akan lepas dari sang pencipta dengan segala takdirnya, maka berdoa patut untuk dilakukan dengan keyakinan penuh bahwa kesuksesan akan segera datang cepat atau lambat dengan keiklasan dan kepasrahan penuh kepada sang pencipta.

Begitulah penjabaran dari beberapa poin tentang Cara Menjadi Wirausaha yang Sukses, semoga kesuksesan anda bisa memberikan dampak yang luar biasa bagi orang banyak. Dan jangan mudah berputus asa jika anda belum mendapatkan kesuksesan, karena kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda.


Comments