Skip to main content

Cara Agar Website Tampil Dihalaman Pertama Google Penelusuran

Berikut ini akan dijabarkan cara agar website tampil dihalaman pertama google dengan teknik yang mudah dipahami untuk pemula dan terbukti berhasil.

Sudah sedikit saya singgung dibeberapa artikel saya sebelumnya tentang berbagai macam paradigma tentang optimasi mesin telusur. Dan dalam pembahasan kali ini akan dibahas teknik membuat website tampil dihalaman pertama.

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa untuk membuat konten kita tampil dihalaman pertama adalah bukan perkara yang sulit.

Terus yang sulit apanya?

Yang sulit adalah membuat konten kita berada pada halaman pertama pada kata kunci pencaharian yang POPULER.

Untuk apa kita membuat konten yang orang lain tidak butuhkan?. Jadi sebelum membuat konten harus riset keyword terlebih dahulu untuk mencari kata kunci yang banyak dicari orang.

Kata kunci populer memiliki banyak persaingan didalamnnya. Sama seperti kita berada dalam sebuah pasar yang menawarkan produk yang sama, dan yang paling banyak peminatnya adalah penjual yang memiliki strategi paling baik yang memberikan produk lebih berkualitas dan lebih murah ketimbang lainnya.

Nah jadi kalau sobat mau berada di halaman pertama kita harus melihat apa saja yang ditawarkan orang lain di halaman pertama itu. Dan bandingkan dengan tawaran yang kita miliki, Apakah lebih baik dari orang lain atau tidak?

Ketika kita sudah membandingkannya dan terlihat kita jauh lebih unggul maka ada peluang konten kita bisa masuk ke halaman pertama.

Namun dengan beberapa ketentuan SEO google yang harus diperhatikan antara lain akan saya jabarkan dibawah ini.
Google page one

Membuat Judul dan Meta Description

Untuk judul konten haruslah singkat namun padat berisi dan jangan gunakan kata kunci yang tidak berguna.

Description merupakan cuplikan untuk menjelaskan title atau judul konten. maksimal satu paragraf pendek yang menjelaskan kata kunci yang ditargetkan, dan masukkan juga kata kunci itu pada deskripsi.

Struktur URL


URL yang mudah dipahami akan memberikan informasi lebih tentang konten yang mau disampaikan, jadi gunakanlah kata kunci yang  relevant untuk URL ini. Jika judul artikel yang dibuat adalah " Cara Riset Keyword terbaik" maka buatlah URL yang sama dengan judul itu.

Membuat Situs yang Mudah untuk Dinavigasi

Gunakan breadcrumb supaya pengunjung tau lokasi dimana dia sedang berada, dan sangat memudahkan pengunjung kembali kehalaman sebelumnya dengan cepat.

Baca juga : Cara Memasang Breadcrumb

Jangan terlalu banyak menautkan banyak link sampai dua puluh pada artikel, sehingga kontennya tidak terfokus.

Untuk navigasi seharunya lebih kepada kesederhanaan dan kemudahan dalam pengunaan, jadi harap lebih dipikirkan untuk kenyamanan para penggunanya dan kerapian dalam membuat konten.

Memiliki Laman 404 

Pengalaman saya tentang laman 404 ini sangat berguna sekali, Ketika kita banyak menghapus artikel yang sudah terlanjur dipublish maka akan menyisakan URL 404 yang masih bisa diakses oleh pengguna mesin telusur.

Dan kalau ini tidak segera ditindak lanjuti akan berbengaruh pada kenyaman pengguna dan tentunya google juga tidak akan tinggal diam.

Blog yang memiliki banyak URL 404 , terlebih lagi yang banyak berada pada halaman pertama akan diberikan penurunan peringkat secara keseluruhan oleh google dan ini sangat merugikan. Bahkan untuk ditemukan pada mesin telusur pun nantinya akan sulit walau artikel kita sudah terindexs.

Jadi jangan suka menghapus artikel yang sudah terindeks. Biarkan saja selama itu masih memenuhi kebijakan dan kepantasan tidak lah jadi masalah.

Menawarkan Konten dan Layanan yang Berkualitas

Cara yang paling efektif untuk menjadikan konten kita berada pada halaman pertama untuk kata kunci populer adalah memberikan kepada pengguna konten yang berkualitas tinggi.

Dari segi materinya harus menawarkan hal-hal yang baru , segar dan unik. Sehingga penguana yang berada pada konten kita menjadi puas dan bahagia.

Dan tidak jarang para pengguna akan mengarahkan dan merekomendasikan pengguna lain untuk menuju ke halaman kita.

Gunakan teks yang mudah dibaca, paragraf yang tepat dan pemilihan topik yang teratur dan terfokus.

Membuat Teks Tautan yang Benar

Tautan teks merupakan teks yang dapat di klik menuju kehalaman lain berada antara tag anchor.

Teks tautan ini akan menjelaskan bagi pengguna dan google boot tentang tautan yang akan dituju. Oleh karena itu sangat penting untuk membuat teks tautan ini sesuai dengan kaedah yang benar.

Gunakan teks yang deskriptif dan ringkas yang mengambarkan halaman yang ditautkan, dan hindari membuat teks seperti ini "klik disini" , "laman" , "konten" dll yang sebenarnya tidak mengambarkan apa isi tautan tersebut. Dan juga hindari menggunakan kata kunci yang berlebihan pada teks tautan ini.

Buatlah teks tautan ini berbeda secara visual dengan teks yang lain, bisa dengan CSS warna ,garis bawah, supaya pengguna bisa tau dan membedakan teks yang bisa diklik dengan teks biasa.

Penggunaan Gambar yang di Optimalkan

Gunakan atribut alt sebagai teks alternatif jika gambar tidak tampil, dan teks alt ini pun akan mengoptimalkan penelusuran pada "penelusuran gambar google".

Jika menggunkan hosting sendiri sebaiknya simpan file semua gambar pada direktori yang sama misal (example. com/gambar/...) dan gunakan format gambar yang umum seperti JPEG, PNG, GIF, dan BMP. Serta buat nama file dan teks alt yang deskriptif ,singkat & padat.

Gunakan Tag Heading Secara Tidak Berlebihan

Terdapat enam ukuran tag heading yang pertama adalah h1 dan yang terakhir h6, dari visual sudah bisa kita bedakan bisanya visual h1 akan lebih besar h2 dan seterusnya. Ini akan memberikan dampak bagi pengguna dalam membedakan judul dan sub materinya.

Jangan gunakan tag heding ini secara berlebihan contohnya memasukkan sebagian paragraf ke tag heading, menempatkan tag heading secara tidak berurutan, adanya 2 tag heading h1.

Menggunakan Setingan robots.txt yang Benar

Robot txt akan memberitahu google boot mana yang akan di indexs dan mana yang tidak, jadi kita harus tau mana halaman yang tidak perlu pada website kita yang harus diindeks, jangan sampai terjadi duplikat konten yang sama terindeks oleh google. Cara penggunaanya seperti berikut:

User-agent: *
Disallow: /label/
Disallow: /search

Disallow dimaksudkan untuk tidak mengakses dan merayapi konten yang diawali dengan url label dan search. Penggunaan robot txt ini bisa di akses melalui alat webmaster tool google.

Menggunakan rel="nofollow" terhadap spam

Ketika kita tidak mau membagikan reputasi kepada web lain yang ditautkan yang kita anggap spam maka gunakan rel nofollow ini untuk memberitahu google bahwa jangan ikuti tautan tersebut.

Biasnya tautan spam akan banyak ditemui pada kolom komentar jadi sebaiknya batasi pengguna untuk bertindak berlebihan pada kolom komentar dengan cara memoderasi komentar anda.

Dan jangan gunakan rel nofollow ini untuk halaman tautan punya anda sendiri, ketika halaman yang kita tautkan memang sangat relevant dengan konten yang kita buat maka jangan gunakan rel nofollow untuk membatasi akses kehalaman itu.

Meningkatkan Pengalaman Pengguna Seluler

Berkembang pesatnya pengguna seluler menjadikan kita harus lebih memperhatikan lagi para penggunanya, dari segi kenyamanan dan akses yang sesuai dengan yang diinginkan.

Pastikan sebuah pengalihan laman dari desktop ke seluler sudah dialihkan yang laman yang benar, contohnya laman beranda dialihkan ke laman beranda, laman statis dialihkan ke laman statis yang sama.

Pastikan googlebot mobile bisa mengindeks url versi mobile di situs anda, Jangan dicekal ataupun dihapus contohnya url versi mobile example. com/?m=1 , m.example. com/ .

Mempromosikan Website ke Media Sosial

Dengan mempromosikan situs berkualitas tinggi ke media sosial dengan cara yang tepat akan meningkatkan reputasi web yang kita miliki.

Kenali dengan baik komunitas dan peminat topik yang anda buat, dan promosikan halaman anda pada komunitas tersebut secara tidak berlebihan.

Manfaatkan Webmaster Tool Google untuk Meningkatkan Kualitas Website

Tidak ada alasan untuk tidak mendaftarkan web kita ke google search console ini, karena manfaat yang akan kita dapatkan sangat banyak. Kita bisa memantau, menganalisa, memperbaiki kesalahan, dan meningkatkan indeks halaman di penelusuran google dengan mudah.

Sudah dijabarkan panjang lebar cara agar website tampil dihalaman pertama google penelusuran, perlu di perhatikan bahwa yang paling penting dari pokok pembahasan ini adalah pemilihan kata kunci yang benar. Sebaiknya gunakan riset kata kunci dengan mencari kata kunci yang sedikit persaingan namun banyak dicari orang. Nexs artikel saya akan membahas tentang riset ini secara mendalam, pantau terus seo v6 dan semoga berhasil.


Comments

  1. Mantap om!
    Artikel isi daging semua nih, gak ada tulangnya! Hehe 😁

    Hampir semua yg om tulis sudah saya terapkan, dan Alhamdulillah sudah ada sekitar 10% dari total artikel saya berhasil nangkring di page one. Dan artikel tersebut menjadi artikel pilar.

    Cuma satu yg belum berhasil, yaitu memasang breadscrumb hehehe 😁

    Penempatan kode yg pas itu lho belum nemu2, karena kodenya banyak yg sama, jadi bikin bingung 😂

    Tapi nanti pasti akan saya coba lagi sampai akhirnya berhasil. 😊

    Teruslah menulis om, dan sukses selalu! 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. slamat om, saya yakin blog bangizaltoy bisa sukses.. saya juga sering berkunjung dan membaca artikelnya dan super semua , banyak menginspirasi para pebisnis. disamping sudah berpengalaman dan juga karena memang hobi menulis ya, jadi mengalir dan enak dibaca.



      Delete

Post a Comment