Skip to main content

10 Faktor Kegagalan Wirausaha

10 Faktor Kegagalan Wirausaha yang sering dialami oleh para pemula karena kurangnya pengalaman berwirausaha sehingga menyebabkan kerugian yang banyak.

Sebelumnya sudah pernah saya bahas tentang wirausaha yang sukses sebagai pedoman untuk meraih kesuksesan dalam berwirausaha, Namun kali ini kami akan membahas faktor apa saja yang memengaruhi kegagalan berbisnis atau berwirausaha.

Wirausaha merupakan kegiatan untuk berusaha mencari penghasilan sendiri dengan cara dagang maupun menawarkan jasa kepada konsumen sesuai dengan keahliannya.

Tidak semua wirausaha yang dijalani bisa sukses dengan mudah, Banyak kegagalan yang terjadi di awal, ditengah maupun di akhir perjalanan berwirausaha.

Faktor Kegagalan Wirausaha

Berikut ini 10 faktor kegagalan berwirausaha yang sering di alami kebanyakan orang

1. Terburu-buru tanpa melakukan survey pasar

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa survey pasar ini sangat penting dan paling utama di awal membagun usaha, namun sering diabaikan oleh pemula yang hanya bermodalkan keyakinan dan motivasi sukses untuk mengapai cita-citanya.

Ketika anda punya sebuah ide cemerlang sebenarnya itu hanya cemerlang menurut sudut padang anda saja, belum tentu ide itu baik untuk konsumen. Oleh karnanya perhatikan dulu dimana pasar yang mau anda bidik, apakah produk atau jasa yang mau ditawarkan sudah sesuai atau tidak..

Lakukan survey terhadap persaingan maupun konsumen sehingga anda tau anda sedang berhadapan dengan apa!.

2. Tidak belajar dulu kepada yang sudah berpengalaman dibidangnya

Sukses itu bisa menular, kegagalan pun seperti itu. Jika anda bergaul dengan banyak orang yang sukses maka ilmu yang didapatkan pun akan banyak dan prosentase kegagalan pun akan semakin berkurang.

Dengan berteman dengan banyak orang sukses juga bisa memberikan anda chanel untuk mengembangkan bisnis anda.

3. Berfikir dan berencana terlalu tinggi

Ketika awal membangun usaha maka fokus anda harus lebih dialihkan terhadap sesuatu yang menghasilkan. Jangan berfikir yang muluk-muluk, pikirkan saja satu hal ini, Bagaimana cara produk ini bisa terjual?.

Sehingga semakin hari strategi marketing anda semakin terasah dan semakin tajam. Diawal perjuangan pastinya tidak ada yang ringan, namun kalau sudah ketemu poin-poin nya maka beban pun akan semakin berkurang dan berkurang.

4. Tidak disiplin

Kalau kita lihat para wirausahawan yang sukses selalu senang dengan kehidupannya bergelimang harta dan terlihat tidak disiplin, berangkat kekantor jam 2 siang pulang jam 3 sore.

Ini bukanlah sesuatu contoh yang harus ditiru untuk seorang pemula dalam wirausahanya, walau anda sebagai bos dalam bisnis tersebut, namun bisnis anda belum berjalan dengan baik, dan perlu banyak perhatian, serta kerja keras anda untuk membangunnya sehingga bisa sukses.

5. Mudah menyerah

Tanyakan pada diri anda, jika orang lain bisa sukses kenapa saya tidak bisa sukses?

Kesalahannya bukan pada orang lain tapi diri anda sendiri yang mudah menyerah, mudah berputus asa, meyakini diri sendiri bahwa hal itu tidak mungkin terjadi. STOP pemikiran seperti itu!.

Caranya lakukan saja, dan melangkah, buang rasa malas dan terus berusaha sambil tetap bersyukur.

6. Merasa sudah bisa melakukan semuanya

Terkadang tinngginya pendidikan seseorang mengakibatkan dia menjadi merasa bisa semuanya, tidak memerlukan bantuan orang lain.

Dalam berwirausaha sifat seperti ini malah akan menyusahkan diri sendiri, akan banyak halangan dan rintangan yang nantinya akan anda hadapi. Jika permasalahan itu bisa ditanggung bersama akan mudah untuk diselesaikan.

Jangan malu untuk meminta tolong jika ada kesulitan.

7. Tidak siap mental dengan kerugian

Dalam lika-liku bisnis tentunya tidak hanya keuntungan saja yang akan dihasilkan tapi juga ada kerugian yang pasti akan anda rasakan.

Jadikan kerugian itu sebagai semangat untuk menambah etos kerja dan jadikan keuntungan sebagai penambah rasa syukur.

8. Sibuk mencari cara instan untuk sukses

Jangan buang-buang energi anda untuk hal seperti ini, karena semakin anda berfikir keras tentang hal ini semakin anda akan patah semangat dan berputus asa untuk menuju kesuksesan anda yang sebenarnya.

Sukses ini adalah masalah anda mau belajar atau tidak, mau melangkah atau tidak? dan tentu ini SULIT.

Sebagaimana anda waktu kecil mau belajar naik sepeda, apakah anda habiskan energi anda untuk memikirkan cara naik sepeda agar tidak jatuh?

Tentu tidak seperti itu, anda akan memberanikan diri menaiki sepeda itu dan menerima bahwa nanti anda akan jatuh, namun setelah anda jatuh anda bangkit lagi dan mengayunkan engkol sepedanya sampai anda berhasil.

9. Tidak fokus

Orang yang merasa dirinya pintar biasanya akan meremehkan kata fokus ini, mereka lebih suka melakukan banyak hal dan memutuskan banyak hal.

Berbeda dengan pengusaha yang sukses, mereka tidak punya kegiatan lain selain dari fokus.

10. Tidak memiliki keyakinan yang kuat

Keyakinan ini letaknya di hati dan pikiran anda, namun memiliki power dan peran yang sangat besar atas kesuksesan anda. Keyakinan merupakan aset bawah sadar yang harus dimiliki setiap orang untuk menggapai apa yang sudah mereka cita-citakan.

Berdoa adalah salah satu aktifitas yang mampu memupuk keyakinan tersebut, dan secara sadar maupun tidak sadar, anda akan dituntun untuk menuju kepada keyakinan anda tersebut.

Akhir kata sudah dipaparkan 10 Faktor Kegagalan Wirausaha yang sering dilakukan, tapi dibalik itu semua kegagalan merupakan bumbu kehidupan, dan kegagalan bisa membuat kita menjadi lebih tangguh dalam menghadapi kesulitan, salam sukses.


Comments

Post a Comment