Skip to main content

10 Ciri Orang yang Berpikir Positif

10 ciri orang yang berpikir positif serta tips agar selalu berpikir positif dan dampak berpikir positif dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika kita dihadapkan dengan berbagai macam persoalan hidup kadang akan banyak terbentuk pola pikir kita dari dalam maupun dari luar yang bersifat positif maupun negatif.

Pikiran positif dan negatif ini saling bertolak belakang namun dengan landasan yang sama yaitu keyakinan.

Jika otak dan hati sudah di set dengan pola pikir tertentu maka alam bawah sadar juga akan bergerak mengikuti pola pikir itu dan merealisasikannya dalam kehidupan nyata.

Percaya tidak percaya kadang hal ini sering tidak kita sadari, karena alam bawah sadar letaknya sangat dalam dan kita banyak yang tidak mampu untuk mengendalikannya.

Misalnya kita punya kebiasaan buruk tertentu, contoh "MALAS"

Kebiasaan ini bukanlah orang lain yang menciptakan walau ada sedikit pengaruh dari orang lain namun dibalik itu semua pencipta dan penyebab rasa malas itu adalah diri kita sendiri.

Kenapa rasa malas susah untuk dilawan?

Karena kita membiarkan pola pikir negatif kita berkembang dalam otak, misalnya kita punya tugas yang belum selesai dan karena kita malas otak kita akan merespon dan berbicara "nanti saja ngerjainnya kan masih banyak waktu, besok-besok juga bisa".

Seandainya pola pikir yang buruk itu kita lawan dengan cara berfikir posistif maka hasilnya akan berbeda " tidak ada kata besok untuk mengerjakan tugas ini, karena semakin ditunda akan smakin menumpuk banyak tugas dan akan menjadi sulit untuk dikerjakan".

ciri orang yang berpikir positif

Jika pikiran positif ini bisa selalu dibiasakan dan dilatih maka kualitas hidup pun bisa meningkat.

Berikut ini 10 ciri orang yang berpikir positif dalam kehidupannya

Ciri ini bisa menjadi tips yang bisa anda gunakan untuk selalu membetuk pola pikiran yang positif dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan rumah maupun bisnis anda.

1. Tau mana yang benar dan mana yang salah dalam mengambil keputusan berfikir

Ilmu sangat penting untuk diketahui , begitulah kita di didik dari kecil sampai dewasa oleh orang tua maupun guru kita dengan menanamkan budi pekerti yang luhur dan nilai-nilai agama yang benar sehingga kita tau mana yang benar dan yang salah, mana prilaku yang buruk dan mana prilaku yang terpuji.

Jadi jika kita gak punya ilmu maka walau kita berfikir positif namun mengambil keputusan yang salah jadi berakibat pada tidak sesuainya harapan dengan ekspektasi.

2. Tidak mudah terombang ambing oleh arus kehidupan

Ketika keburukan sudah berada dilingkungan terdekat kita bahkan sudah masuk di keluarga sendiri, maka orang yang selalu berfikir positif selalu yakin dengan dirinya dan tidak memilih untuk ikut-ikutan budaya yang jelek.

Mereka terbiasa melakukan sesuatu hal dengan landasan berfikir yang dewasa tidak mudah terombang ambil oleh arus kehidupan, budaya luar yang merusak, kebiasaan yang bisa membuat rugi diri sendiri.

3. Mudah menerima saran dan kritikan

Kadang saran dan kritikan itu terasa sangat menyakitkan hati, kenapa begitu? karena bisanya usaha yang sudah kita lakukan dengan baik dan maksimal namun dinilai oleh orang lain bukanlah sesuatu yang spesial.

Sebagaimana para pencari bakat sedang dinilai oleh para juri, kadang juri akan memberitaukan banyak kekurangan kepada pesertanya dengan cara halus maupun kasar. Yang jika kita tidak punya pikiran yang positif maka saran dan kritikan ini seperti musibah yang menimpa.

Namun dengan pikiran positif saran dan kritikan malah akan membuat motivasi lebih, untuk meningkatkan kualitas diri.

4. Selalu bersyukur di setiap keadaan

Kalau kita mendapatkan kesenangan atau kebahagian bisanya akan lebih mudah untuk bersyukur, namun lain halnya dengan sesuatu yang dinamakan musibah. Bersykur malah akan terasa sulit untuk dilakukan, kenapa seperti itu?

Karena kita tidak berfikir jauh, kita hanya berfikir kita lah yang paling menderita ketimbang orang lain jadinya kita merasa kita yang harus perlu diberiperhatian.

Tapi kenyataannya berbeda, Faktanya selalu saja ada orang yang lebih menderita lagi dari kita sehingga jadikan hal ini sebagai rasa syukur.

Rasa syukur akan memberikan dampak positif bagi pikiran , beban akan mudah hilang, akan terasa mudah mencari solusi, lebih mudah untuk bersabar.

5. Optimis akan keberhasilan

Ketika akan membangun sebuah usaha bisanya akan banyak pertimbangan disana sini yang akan membuat diri ini menjadi pesimis(kawatir secara berlebihan dan menganggap diri ini selalu kurang dan tidak percaya diri akan keberhasilan),

Rasa optimis ini lah yang akan menjadi keyakinan dan energi tambahan untuk selalu maju kedepan menjalani setiap rintangan dan jatuh bangunnya dalam dunia usaha. Terkadang hal yang mustahil pun akan tercapai hanya dengan optimis.

Orang gagal itu bukan orang yang berusaha lalu jatuh, tapi orang gagal adalah orang yang gak mau berusaha.

6. Suka dengan hal-hal yang positif dan menjauhi dari hal yang negatif

Banyak hal-hal postif yang bisa dilakukan, misalnya, giat, jujur, amanah, membantu orang lain, bergotong royong, bersilahturahmi, berperan aktif dengan masyarakat,dll semua ini adalah hal-hal positif yang tentunya sangat disukai oleh orang yang mempunyai ciri selalu berfikir positif.

Sedangkan hal yang negatif bisa saya simpulkan adalah sesuatu yang mempunyai sifat merugikan diri sendiri dan orang lain.

7. Memiliki motivasi yang tinggi

Anda tidak perlu menjadi seorang motivator dulu untuk bisa melatih pikiran positif, karena pola pikir postif ini lah nantinya yang akan membuat motivasi diri menjadi tinggi.

Motivasi diri akan timbul jika kita membiasakan diri memerangi dan melawan pikiran negatif. Dan motivasi ini selalu beriringan dengan hal dan pikiran yang di pilih.

Motivasi akan timbul dari pemikiran-pemikiran yang positif dimana pemikiran ini yang akan menjadi tujuan dan pembangkit semangat untuk meningkatkan kualitas diri. Tentunya hal ini sangat baik untuk menunjang bisnis, karir dan juga bakat seseorang.

8. Memiliki pola hidup sehat

Pikiran yang sehat juga akan mempengaruhi prilaku dan pola hidup yang sehat, dari segi makan, pakaian maupun aktifitas sehari-hari.

Mencegah sakit lebih baik dari pada mengobati diri yang sudah sakit, beginilah pikiran orang2 yang positif. Walau kita sepenuhnya tidak akan bisa terhindar dari yang namanya sakit namun setidaknya kita punya pemikiran yang benar tentang cara memelihara kesehatan ini. Karena kesehatan ini sangat mahal bahkan tidak bisa dibeli dengan uang.

9. Selalu berprasangka baik terhadap orang lain

Belum tentu apa yang anda dilihat merupakan apa yang ada dalam hatinya, jadi jangan nilai seseorang itu dari luarnya saja. Orang yang banyak melakukan kesalahan dan dia mau memperbaiki kesalahannya dan tidak melakukan kesalahan yang berulang itu lebih baik ketimbang kelihatan diluarnya baik tapi hatinya buruk.

Melatih pikiran ini selalu berprasangka baik terhadap orang lain akan mampu memberikan dampak baik juga bagi diri sendiri sehingga kita tidak terjerumus pada kesombongan yang selalu merendahkan orang lain.

10. Memiliki etos kerja tinggi

Pikiran positif juga harus bisa terealisasi dengan etos kerja yang tinggi, jika kita hanya tau pemikiran yang baik tapi kita tidak mau berusaha menjalankannya maka lambat laun pemikiran ini pun akan hilang dan digantikan oleh pemikiran yang negatif, selalu malas-malasan, tidak bertanggung jawab dan banyak lagi perilaku negatif yang akan muncul.

Usaha adalah merupakan sebuah langkah untuk mewujudkan apa yang menjadi keinginan kita, apa yang menjadi pemikiran kita, pemikiran yang positif. Pemikiran yang hanya bisa terrealisasi jika kita mau berusaha dan berupaya maksimal.

Akhir kata 10 ciri orang yang berpikir positif ini semoga bisa bermanfaat untuk anda, khususnya sebagai penambah semangat dan motivasi posistif untuk kita bisa lebih meningkatkan kualitas hidup agar lebih baik lagi.


Comments