Skip to main content

Persepsi yang Salah Tentang Cara Membuat Sitelink

Persepsi yang salah tentang cara membuat sitelink, Pada pokok bahasan kali ini saya akan memberikan penjabaran tetang apa itu sitelinks, persepsi yang salah tentang sitelink, cara membuat sitelink, apa dampaknya sitelink terhadap SEO.

Apa itu sitelink?

Stielink merupakan fitur dari webmaster tool yang sekarang sudah bertransformasi menjadi Rich Card atau Kartu Rich biasa juga disebut dengan istilah Rich Snippets, Merupakan sebuah fitur yang diberikan oleh mesin telusur untuk memberikan informasi lebih banyak kepada pengguna tentang situs yang mewakili kata kunci tersebut.
Contoh sitelinks


Persepsi yang salah seputar sitelink

Banyak artikel yang membahas masalah ini namun saya belum menemukan artikel yang membahas secara benar dan lugas, semua rata-rata berspekulasi tentang sitelink ini.

Yang sering saya dengar adalah bahwa untuk mendapatkan sitelink ini harus memiliki banyak pengunjungnya dulu, dan ini adalah hadiah dari Google, dan macam-macam lagi lainnya yang hanya berdasarkan asumsi saja. dan ini tidak lah benar sama sekali.

Jika kita paham apa itu sitelink sebagaimana yang saya jelaskan diawal maka kita akan tau apa yang menyebabkan sitelink itu muncul, tapi kalau pemahaman kita dari awal salah tentang sitelink kebelakangnya juga nanti akan salah semua.

Dan untuk mendapatkan sitelink ini pun sangat mudah, Kita tidak harus perlu pengunjung. Tidak harus perlu share sana sini dan tidak harus perlu artikel yang banyak-banyak. Terkecuali kalau kita berangkat pada kondisi yang lain, dimana kondisi itu memberatkan diri sendiri misalnya nama blog kita adalah diambil dari kata kunci long tail.

Cara membuat sitelink

1.Cara mudahnya adalah buat lah title blog yang unik yang hanya kita yang pakai kata kunci itu, ini artinya situs kita harus mewakili kata kunci atau nama yang kita incar.

2. Karena nama judul blog hanya kita yang gunakan sudah pasti situs kita akan berada diperingkat pertama ketika kita menelusuri nama itu. Bagaimana kalau ada diperingkat kedua apa masih bisa punya sitelink? Bisa, cuma berat perjuangannya(harus banting tulang). Mending survei dulu sebelum menentukan nama blog, khusunya kalau mau punya sitelink dengan mudah

3. Buatlah konten atau artikel yang 100% unik lolos copy paste, gak perlu banyak-banyak cukup 5-7 artikel saja.

4. Memasang markup schema org pada template yang digunakan, Untuk markup ini banyak jenisnya dan gunakan saja markup yang kita butuhkan, yang tidak dibutuhkan jangan di pakai. Misalnya situs kita adalah Blog yang hanya berisi artikel, maka gunakan markup yang relevan contonya markup Artikel, Breadcrumbs,Website. Bagaimana kalau templatenya tidak memiliki markup apa bisa mendapatkan sitelinks? Bisa, tapi perlu pengunjung yang banyak dan konsisten supaya googlebot lebih sering berkunjung.

Markup Artikel bisa dibuat lewat webmaster tool penjelasan lebih lanjut bisa baca disini Cara Menggunakan Google Webmaster Tools

Cara membuat breadcrumb bisa menuju kesini Cara Mengedit Template Blogger Contempo Jadi SEO Friendly

Untuk memasang markup schema org Website bisa baca disini Cara Memasang Markup Pada Template Blogger

5. Bersabar, Pengalaman saya 3 blog yang dibuat rata-rata memiliki sitelink setelah 5-6 bulan. Kenapa selama itu?? Karena blognya gak ada pengunjungnya dan berakibat googlebot juga lambat dalam merayapi blog.

Apa dampaknya Sitelink terhadap SEO

Yang paling besar dirasakan adalah kredibilitas blog meningkat, baik dimata pengunjung maupun pada mesin telusur dan ini sangat positif.


Comments

Post a Comment