Skip to main content

Apa Yang Harus Difokuskan Dalam Membangun SEO?

Apa Yang Harus Difokuskan Dalam Membangun SEO?

Seo v6 - Setelah kita banyak belajar tentang SEO, banyak juga ilmu yang kita dapatkan tapi masalahnya adalah kita tidak tau arah dan tidak tau harus mulai dari mana. Sehingga muncul pertanyaan Apa Yang Harus Difokuskan Dalam Membangun SEO?. Bayangan orang awam tentang SEO adalah bagaimana cara membuat supaya website berada pada peringkat pertama.

Pemikiran seperti itu tidak salah dan tidak juga sepenuhnya benar, karena kalo kita hanya terobsesi pada peringkat pertama maka itu sangat mudah sekali untuk dilakukan. Kita hanya cukup mencari kata kata unik saja sudah bisa memunculkan halaman kita pada peringkat pertama tapi apakah dengan begitu permasalahannya sudah selesai?, tentu saja belum. Karena tidak ada yang mau berkunjung ke website yang tidak mempunyai manfaat sama sekali.

Terobsesi pada peringkat, bukan pada traffic pengunjung

Mengukur peringkat pada kata kunci tertentu dan bisa menghasilkan peringkat pertama memang bisa membuat hati menjadi gembira. Tapi harus diketahui bahwa peringkat google tidaklah selalu konsisten dalam semua kondisi. Mari dilihat sebagian kecil faktor berikut ini yang bisa menjadi pertimbangan peringkat pada search enggine.
  • Lokasi - Ketika kita menelusuri kata kunci tertentu maka hasil pencarian akan selalu disesuaikan dengan lokasi dimana kita mencari, jadi lokal area sangat berperan dalam penelusuran organik. Ada perbedaan yang sangat mendasar yang bisa dicermati pada contoh berikut ini. Misalkan kita mencari toko baju, maka bisa dilihat yang disajikan adalah toko baju yang paling dekat dengan lokasi kita bukan!, jadi setiap lokasi akan menampilkan hasil yang berbeda pula untuk penelusuran yang sama.
  • Personalisasi - Jika kita melakukan penelusuran maka ada history penelusuran yang bisa mencerminkan personalitas kita, ketertarikan dan relevansi. Data ini bisa dimanfaatkan oleh search enggine untuk menampilkan apa yang menjadi kebutuhan dan minat secara luas dan mendalam. Contohnya saja kita habis berbelanja online maka biasanya yang sering tampil di pencarian maupun iklan adalah toko online yang sebelumnya kita telusuri.
Dengan melihat poin diatas kita bisa tau bahwa mesin pencari tidak lah selalu konsisten dalam menentukan peringkat pada setiap kata kunci. Untuk itu kita membutuhkan riset tambahan yang menurut saya ini tidak lah mudah. Dan kalau kita hanya fokus pada peringkat saja maka kita mengabaikan hal yang lebih penting yaitu traffic pengunjung.

Fokus pada traffic pengunjung yang konsisten

Ada beberapa macam yang bisa dilihat dalam membangun traffic pengunjung blog, yaitu dengan kata kunci yang bersifat short tail, dan kata kunci yang bersifat long tail. Kedua kata kunci ini memiliki kelebihan dan kekurangannya. Namun dengan memilih salah satu dari kata kunci ini saja sudah bisa membangun traffic pengunjung yang konsisten.

Untuk yang berbasis korporasi atau perusahaan menurut saya lebih bagus memilih kata kunci short tail , alasannya karena short tail memerlukan pembaharuan yang cepat dan ini akan sangat sulit untuk dilakukan satu orang. Sedangkan long tail lebih cocok dipilih oleh perorangan, riset bisa dilakukan sendiri dan bisa dilakukan dalam waktu luang.

Penelusuran organik pada mesin telusur menurut saya 80% terdapat pada penelusuran kata kunci long tail, yang dengan ini perlu membangun sistem SEO yang baik. Bagaimana cara membangun sistem SEO yang baik pada kata kunci long tail?, ini perlu riset yang tidak mudah. Karena persaingannya pun banyak. Apalagi kita sebagai pendatang baru untuk masuk keranah ini diperlukan persiapan khusus. Yaitu harus membangun sebuah keahlian misalnya ahli dalam memperbaiki kerusakan pada elektronik, ahli dalam program komputer dan lain lain. Lalu kita sajikan dalam bentuk yang unik dan menarik. Misalnya "Langkah-langkah praktis membuat aplikasi game android".

Jangan sibukkan diri dengan membangun backlink namun menyajikan konten yang tidak berkualitas. Dampak buruknya adalah menyajikan pengalaman yang tidak bagus terhadap pengunjung dan nama brand web atau blog kita pun tidak akan diingat orang. Saya pribadi tidak pernah membangun backlink namun pengunjung berdatangan sendiri sedikit demi sedikit tanpa ada promosi sedikit pun. Mesin telusur google sangat baik dalam mendeteksi konten yang original tinggi dan menyajikan pengalaman yang baik kepada visitor. Ketika web kita sudah mendapat lebel baik , maka otomatis pringkat pun akan naik. Tapi dengan catatan templatenya harus SEO friendly (Jangan suka gonta ganti template kalau sudah seo friendly).

Dan sisanya penelusuran organik pada mesin telusur 20 % adalah short tail, kenapa seperti itu? karena short tail berkembang dalam sebuah komunitas. dan untuk membangun komunitas yang konsisten diperlukan promosi. Jadi nama brand produk lebih di utamakan ketimbang keyword. Ketika orang mau mencari berita bola terupdate maka orang akan mengingat sebuah brand yang sudah menjadi langganannya. Jadi apabila website nya selalu terupdate secara cepat maka ini bisa menjadi nilai plus untuk perkembangan komunitasnya.

Peringkat penelusuran tidak lagi jadi faktor utama dalam sebuah komunitas, tapi bagaimana caranya memuaskan orang dengan kebutuhan informasi yang sedang hangat dengan begitu sebuah komunitas bisa berkembang dengan sendirinya. Peran SEO dalam keyword short tail menurut saya tidak begitu banyak. Karena siapa yang duluan cepat menyajikan konten terhangat, dialah yang berpeluang besar mendapat kan traffic pengunjung. Karena pada dasarnya keyword short tail pasti kata kunci yang unik.



Comments

  1. terima kasih mau share template nya mas admin. ijin gunain di blog nya saya. cuma template contempo nya. masih bingung mau kasih menu dropdownya. untuk toko online di blogspot template yang pas kira-kira apa ya mas admin ? he he he. ane ngerit dikit2 php. baru belajar. terima kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menu dropdownnya belum support untuk widget pagelist(halaman),
      Untuk toko online lebih baik menggunkan wordpress dengan menggunakan plugin woocomerce,

      Delete

Post a Comment